Skip to main content
Koplakers.com

Gejala dan Jenis-jenis Kista Ovarium yang wajib kamu ketahui

Pengertian Kista Ovarium penyakit yang seringkali menyerang pada seorang wanita. Namun juga sering kali keberadaan penyakit kista yang berada dalam tubuh tidak tersadari. Penyakit Kista adalah sebuah kantung kecil dan berisi cairan yang daoat berkembang di dalam Ovarium. Kista ovarium sebenarnya tidak juga berbahaya, selama kista tersebut tidak mengalami pecah dan ada pendarahan.

Begini, Gejala-gejala yang bisa timbul akibat adanya kista 

  • Sering kali buang air kecil.
  • Nyeri pada saat buang air besar.
  • Sering merasa kelelahan dan pusing.
  • Perut kembung.
  • Perubahan siklus menstruasi anda.
  • Terjadi mual, muntah. 
  • Terasa nyeri payudara seperti yang sering Anda alami selama kehamilan.
  • Gangguan pada  pencernaan 
  • Mudah kenyang padahal Anda hanya makan sedikit.
  • Nyeri panggul saat anda melakukan hubungan seksual.
  • Nyeri panggul sebelum menstruasi tiba maupun sebelum menstruasi berakhir.
  • Nyeri panggul yang menyebar sampai hingga ke punggung bawah dan paha.

Jika anda merasakan adanya gejala-gejala kista tersebut, sebaiknya anda segera pergi untuk melakukan pemeriksaan Medis, supaya keberadaan penyakit kista bisa segera terdeteksi dan dengan cepat ditangani. Penyakit kista sendiri memiliki berbagai jenis, ada beberapa jenis Kista ovarium yang jinak.

Berikut , Jenis - Jenis Kista Ovairum yang wajib anda ketahui.

  • Kistoma Ovarii Simpleks

    Merupakan salah satu jenis kista yang memiliki permukaan rata juga halus, Kista jenis ini biasanya memiliki tangkai (Bertangkai) dan seringkali Bilateral dan bisa bertambah menjadi besar. Dinding pada Kista cukup tipis dan berisi sebuah cairan cukup jernih yang serosa dan juga berwana kuning.

  • KistaDenoma Ovarii Musinosum

    Penyakit Kista yang berisi cairan berupa lendir dan kental juga lengket. Kista jenis ini memiliki bentuk menyerupai ingus namun sifat pelekatanya sangat menyerupai kanji. Kista satu ini akan membesar, bila adanya kehamilan. Oleh karena itu, saat Kista Musinosum terdeteksi harus secepat mungkin diangkat dan diobati.

    Untuk penanganan Kista Jenis Musinosum ini, harus dilakukan dengan seksama supaya tidak pecah. Bila kista ini pecah, cairan yang cukup kental dan mirip dengan kanji ini bisa membuat lengket pada organ-organ yang berada di dalam rongga perut. Bila terjadi , kondisi ini sangat berbahaya, karena bisa membuat usus saking menempel satu sama lain, dan penyakit kista akan sulit untuk diangkat.

  • KistaDenoma Ovarii Serosum

    Jenis kista ini seringkali berubah menjadi penyakit yang ganas yakni kanker. Kista ini berisi cairan yang bening dan bentuk warnanya seperti air perasan dari kunyit. Bila kista ini bersarang di indung telur, kista ini menjadi sangat mudah pecah. Proses pembesaranya sangat dipengaruhi oleh siklus haid. Oleh karena itu saat anda haid, terjadi penambahan jumlah cairan pada Indung Telur.

    Hormon Estrogen yang telah meningkat pada saat kehamilan juga dapat memicu terjadinya pembesaraan. Pada umumnya kisa ini berbentuk menyerupai buah yang memiliki tangkai. Bila kehamilan anda semakin besar, rahim anda yang telah membesar akan semakin mendesak Kista dan akibatnya bisa saja tangkai kista terpuntir. Hal ini akan memiliki efek yakni anda akan mengalami sakit. Oleh karena itu, begitu ditemukanya kista pada kehamilan di trimester awal, penyakit kista ini harus segera diangkat.

  • Kista Dermoid

    Memiliki bentuk cairan yang seperti Mentega. Kandungan yang terdapat kista jenis ini tidak hanya berupa cairan, namun juga ada beberapa partike lain, seperti rambut, tulang maupun sisa sisa kulit. Sisa ini merupakan suatu bawaan sejak lahir dan biasa dialami oleh sebagian perempuan dan bahkan laki-laki.
Bila anda mengalami gejala kista, sebaiknya langsung dibawa ke medis atau dokter untuk cepat mendapat penanganan. Selain mendapat penanganan dengan cepat anda juga dapat meminimalisir adanya penyakit kista yang akan muncul.

Selain pengobatan medis , sebaiknya berhati-hati mengkonsumsi beberapa makanan ini , setidaknya mengurangi agar anda dapat lebih terhindar dari penyakit kista.

Berikut ini adalah beberapa Makanan Penyebab Kista Ovarium.

-) Daging

Untuk anda yang saat ini sedang menderita penyakit kista Ovarium dan sedang dalam proses pengobatan kista ovarium, Sebaiknya anda hindari atau tidak mengkonsumsi daging, karena makanan satu ini dapat memperparah dan menimbulkan Kista Ovarium yang sedang anda derita.

-) Junk Food.

Makanan Junk Food adalah salah satu makanan cepat saji yang sebaiknya anda hindari, karena makanan jenis ini merupakan salah satu jenis makanan yang dapat meningkatkan resiko untuk menderita penyakit kista. Selain bisa mengakibatkan penyakit kista ovarium, Junk Food juga dapat menyebabkan penyakit lain salah satunya Darah Tinggi, Stroke.

-) Buah Durian. 

Cita Rasa yang nikmat dan tekstur yang lembut membuat buah durian banyak di gandrungi semua orang, namun anda harus mengurangi konsumsi buah satu ini karena buah durian juga termasuk dalam buah penyebab kista ovarium.

-) Buah Nangka. 

Buah satu ini juga merupakan salah satu penyebab yang dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit kisat ovarium, maka dari itu sebaiknya anda jangan berlebih bila mengkonsumsi buah satu ini.

-) Buah Duku.

Buah satu ini banyak sekali digemari oleh para wanita, nah bagi anda yang sering sekali mengkonsumsi buah duku setiap harinya , sebaiknya anda kurangi, karena buah satu ini juga dapat mengakibatkan resiko terjadinya kista ovarium.

-) Buah Nanas.

Nanas juga bisa meningkatkan resiko terjadinya kista ovarium, jadi bila anda mengkonsumsi buah ini, sebaiknya jangan berlebihan.

-) Makanan yang Digoreng dan Dibakar.

Makanan yang cara memasaknya di goreng maupun dibakar merupakan salah satu makanan yang paling digemari bagi sebagian orang, mulai dari wanita hingga laki laki. Namun mulai sekarang sebaiknya anda sedikit mengurangi untuk konsumsi dengan jenis makanan ini. Karnea makanan yang digoreng maupun dibakar adalah salah satu jenis makanan yang memiliki potensi penyebab kista ovarium.

-) Makanan yang Tersimpan di Plastik.

Penyebab lain terjadinya kista adalah makanan yang anda simpa di dalam sebuah plastik, seperti yang telah anda ketahui bahwa plastik mengandung suatu bahan kimia yang sangat berbahaya dan salah satu efeknya adalah dapat menyebabkan terjadinya Kista Ovarium.

-) Seafood. 

Seafood adalah salah satu makanan laut, yang tentu banyak sekali digemari, nah mulai sekarang bagi anda pengemar makanan satu ini. Sebaiknya sedikit dikurangi untuk konsumsi seafood dengan berlebihan. Kareena makanan seafood ini ternyata dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit kista ovarium.

-) Minuman Berakohol dan Bersoda.

Bahaya dari meminum minuman yang memiliki kandungan alkohol dan soda tidak hanya dapat menyebabkan terjadinya penyakit kista ovarium, namun juga dapat mengakibatkan terjadinya penyakit lain yang berbahaya seperti halnya stroke ringan, hipertensi.

 -) Tauge.

Sayuran yang paling digemari banyak orang ini memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan, namun sayuran satu ini tidak boleh di konsumsi bagi para wanita yang sedang mengalami kista ovarium karena dapat memperparah kondisinya.

-) Kacang Kedelai

Sama halnya dengan sayur Tauge, yang memiliki banyak sekali kandungan manfaatnya, kacang kedelai juga tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang telah menderita penyakit kista ovarium karena sangat berbahaya bagi penderita kista tersebut.

Diatas adalah Gejala-gejala terjadinya kista ovarium dan apa saja jenis kista, selain itu ada juga makanan yang dapat menyebabkan beresiko terjadinya kista ovarium yang perlu anda ketahui. Jaga selalu kesehatan anda , dengan makan makanan yang sehat dan rajin olahraga, tentu sebaiknya rutin periksa ke dokter meski masih merasa sehat, agar dapat mengetahui bila muncul tanda-tanda penyakit kista maupun penyakit lainya.


You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar