Skip to main content
Koplakers.com

Laptop Kamu Cepat Panas lalu Sering Mati Sendiri ? Ini penyebab dan cara mengatasinya

Cara Memperbaiki Laptop Overheat (Panas Berlebihan) - Laptop seperti halnya barang elektronik lainya, laptop juga memiliki batas dalam berbagai aspek. Terutama dalam masalah suhu panas yang dapat berpengaruh pada kinerja laptops pc itu sendiri.

Salah salah satu aspek penting dalam cara perawatan laptop yang baik adalah dengan cara memperhatikan kebersihan pada laptop itu sendiri. Salah satu yang akan timbul karena diakibatkan oleh kebersihan yang kurang terjaga pada sebuah laptop salah satunya yang mengakibatkan laptop mengalami kondisi Overheat atau biasa diartikan Panas yang Berlebihan dan berimbas pad kinerja laptop itu sendiri.

Selain berefek pada kinerja laptop, hal yang paling fatal dan parah adalah terjadinya kerusakan. Ciri ciri kerusakan laptop yang diakibatkan oleh tidak terjaganya kebersihan pada laptop yakni sering mati sendiri. Atau juga bisa ditandai dengan ciri - ciri kerusakan laptop berikut ini.

Tanda-tanda laptop mengalami Overheating atau panas berlebihan.
  1. laptop mati sendiri ketika dihidupkan
  2. laptop mati sendiri saat main game
  3. laptop mati sendiri setelah beberapa menit
  4. laptop tiba tiba mati tidak bisa hidup
  5. laptop tiba tiba mati padahal baterai penuh
  6. laptop mengalami suhu yang tidak normal
Diatas adalah beberapa tanda tanda laptop akan rusak maupun ciri ciri kerusakan laptop yang disebabkan oleh terjadinya panas berlebihan pada unit laptop yang dapat mengakibatkan berbagai permasalahan lainya salah satu yang paling parah adalah mengalami mati total.

Penyebab laptop cepat panas dan solusinya sendiri akan kami ijabarkan pada artikel yang membahas tentang bagaimana cara memperbaiki laptop overheat panas berlebihan berikut ini. Jadi yang perlu anda lakukan adalah membaca dengan teliti dan menyiapkan kopi serta camilan.

Dalam beberapa kasus laptop tiba-tiba mati sendiri, kasus seperti ini biasanya disebabkan oleh panas yang berlebihan. Salah satunya laptop cepat panas maupun laptop cepat panas dan berisik. Cara mengatasi laptop cepat panas dan mati sendiri ini juga menjadi salah satu cara yang sama seperti halnya cara mengatasi laptop cepat panas saat main game. Nah kali ini langsung saja simak apa saja permasalahan yang dapat menyebabkan laptop overheat dan bagaimana solusi cara memperbaikinya.

Berbagai macam Penyebab laptop cepat panas dan Solusinya, langsung saja simak penjelasan singkat dari kami yang mungkin dapat membantu kamu, bila suatu saat mengalami masalah yang sama. 

Penyebab laptop Cepat panas lalu mati sendiri.
  • Kebersihan pada perangkat komputer laptop kurang terjaga
  • Lubang ventilasi udara fan tersumbat.
  • Mainboard mengalami overheating yang dikarenakan ,kotoran yang menempel
  • Thermal Pasta processor kering
  • Headsink (Pendingin Processor) Bocor
  • Fan/Kipas laptop Mati
Dari berbagai penyebab laptop overheating yang ada, hal yang paling sering terjadi adalah diakibatkan oleh thermal pasta mengalami kekeringan dan tidak segera diganti. Hal ini akan berdampak seperti laptop mati sendiri atau beberapa menit kemudian mati. 

Nah untuk dapat mengatasi laptop mati sendiri , berikut hal hal yang sebaiknya kamu lakukan dan perlu kamu hindari agar laptop kamu awet dan tidak mudah overheat (Panas Berlebihan).

Cara memperbaiki laptop mati sendiri yang diakibatkan oleh Overheating.
  • Selalu rutin bersihkan dan jaga kebersihan perangkat laptops pc.
  • Rutin lakukan pengecekan antara lubang ventisai dan kondisi fan . headsink 
  • Dalam jangka 2 bulan sebaiknya dilakukan pergantian Thermal Pasta processor.
  • Headsink bocor, solusinya ganti dengan yang lain. Headsink yang bocor tidak dapat diperbaiki.
  • Fan mati , ganti dengan yang normal maupun yang baru.
Cara Agar laptop tidak mudah panas dan mati sendiri.
  • Rutin melakukan pengecekan dan celaning (Membersihkan). pada perangkat keras laptop yang anda miliki.
  • Selalu lakukan pengecekan pada perangkat , apakah mengalami masalah atau tidak pada system pendingin.
  • Jangan menggunkan laptop diatas karpet maupun kasur.
  • Rutin melakukan pergantian thermal pasta.
  • Hindarkan dari sinar matahari yang secara langsung mengenai perangkat keras.
  • Bawa ke tempat service laptop untuk dilakukan pengecekan berkala.
Sekian tutorial memperbaiki laptop panas lalu mati sendiri yang disebabkan oleh terjadinya panas berlebihan (Overheat) pada perangkat keras laptop yang kita miliki. Nah jika kamu mengalami kasus kerusakan yang sama. Maka gunakanlah beberapa tips memperbaiki laptop overheating yang mungkin dapat bermanfaat bagi semua orang. 

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar